Puncak Pulau Indah Lokasi Camping Mengasyikkan di Simawang

  • PDFPrintE-mail

Ujung-Pulau-Simawang-600x330

BATUSANGKAR, Bakaba –Nagari Simawang kecamatan Rambatan kabupaten Tanah Datar selain menyimpan sejarah tentang Lareh Simawang ternyata juga memiliki objek wisata yang cukup mempesona dan mengasyikkan untuk dinikmati. Lokasinya diberi nama Puncak Pulau Indah, sebuah view wisata yang membuat orang berdecak kagum.


Sebahagian besar warga Sumatera Barat atau wisatawan luar belum banyak mengenalnya, karena letaknya tidak persis dipinggir jalan raya. Tetapi bagi kaum remaja, tempat ini sudah sering digunakan, terutama untuk camping serta menyambut Tahun Baru Masehi. Terletak di dekat jalan raya Padang Panjang – Solok atau sekitar 2 KM dari pasar Ombilin.


Letaknya yang agak ketinggian membutuhkan tenaga ekstra untuk menuju kesana. Namun yakinlah, dibalik pendakian ada dataran yang cocok dijadikan tempat istirahat dan melemaskan otot-otot yang kejang. Tidak begitu luas memang, namun cukuplah untuk mendirikan beberapa buah tenda.
“Tidak diketahui secara pasti kenapa dataran diatas bukit ini dinamakan Puncak Pulau Indah, namun kuat dugaan karena lokasinya yang bagaikan sebuah pulau,” ungkap salah seorang warga disekitar lokasi.


Berada diatas bukit ini memang memiliki pesona tersendiri, kita serasa berada diatas danau Singkarak, karena salah satu sisi tebingnya yang cukup curam. Dibawah tebing ini ada rel kereta api dan jalan raya yang kelihatannya bagaikan ular saling berkejaran.


Belum lagi, jika ada even Tour de Singkarak yang melintasi jalan dibawahnya, pemandangan tambah asyik lagi. Para pembalap yang menggenjot pedal sepedanya dengan serius seakan-akan memberi makna bahwa untuk mencapai suatu keberhasilan harus melalui perjuangan yang cukup gigih dengan bercucuran keringat.
Lantas apa saja fasiltas yang ada disini, jika fasilitas memang belum ada sama sekali kecuali tempat ini hanya menyediakan sedikit dataran untuk mendirikan tenda. Agar anda tidak kelaparan sesampai di Puncak Pulau Indah, sebaiknya sebelum mendaki dilengkapi dulu dengan persiapan makanan. Dipiggir danau ini banyak restoran tempat penjualan nasi dan nimuman.


Selain nasi, ada ketupat gulai atau ketupat sambal di Ombilin yang rasanya cukup enak dan mengasyikkan. Harga ketupat sambal ini tidak terlalu mahal, satu forsi cukup dengan uang Rp.8.000,- bila dilengkapi dengan kerupuk kulit atau karupuak jangek, anda hanya merogoh kantong Rp10.000,- satu forsi.


Sebelum naik ke Puncak Pulau Indah ada lagi makanan khas yang disajikan kaum ibu muda didepan mushalla. Kuliner ini diberi nama gulai pensi, atau semacam siput, dengan rasa yang tidak kalah dengan masakan lainnya. Gulai pensi ini dikemas dengan plastik biasa dengan harga Rp.5.000,- perbungkus.


Bagi anda yang beragama Islam sebuah mushalla tersedia tidak jauh dari lokasi. Meskipun mushalla ini tidak terlalu besar, namun dapat menampung sekitar 100 orang. Air tempat berudhukpun cukup tersedia, baik di tempat berudhuk laki-laki maupun di tempat berudhuk perempuan.


Usai menyaksikan keindahan alam diketinggian ini, bagi anda yang hobi memancing juga dapat menyalurkan bakatnya ditepi danau Singkarak, dengan catatan riak danau tidak terlalu besar, karena kalau gelombang terlalu besar akibat angin kencang akan menyulitkan melakukan aktifitas memancing.
Ikan yang dapat dipancing di danau Singkarak ini selain ikan bilih juga ada ikan sasau, ikan turiak dan lain-lain. Pokoknya kunjungan anda ke Puncak Pulau Indah akan mendatangkan seribu makna, baik bagi kaum remaja maupun rombongan secara keluarga. Selamat berwisata, semoga….(***)

source : www.bakaba.net

hotlinee

ROUTE TOUR DE SINGKARAK 2017


ayo_wisata_ke_tanah_datar