RIBUAN MASYARAKAT SAKSIKAN PACU JAWI

  • PDFPrintE-mail

2310161023_ribuan-masyarakat-saksikan-pacu-jawiTanah Datar - Olah raga Pacu Jawi merupakan pertunjukan yang sangat unik dan sangat diminati oleh wisatawan, Pacu Jawi hanya ada di kabupaten Tanah Datar yang berlangsung setelah habis panen padi. Kali ini Pacu Jawi berlangsung di Jorong Koto Hiliang Nagari Sungai Tarab kecamatan Sungai Tarab yang dibuka Wakil Bupati Zuldafri Darma, Sabtu (22/10).

Turut menyaksikan alek ini Dandim 0307 Tanah Datar Letkol Inf. Nandang Dimyati, Kadis Budparpora Marwan, Camat, Walinagari, Ketua Porwi, puluhan fotografer dan ribuan  masyarakat.

Ketua pelaksana Afrizal menyampaikan kegiatan pacu Jawi adalah alek anak nagari yang rutin di laksanakan, sehubungan dengan musim kemarau kami panitia terkendala dengan air dan jaringan irigasi juga belum maksimal.

Wakil Bupati Zuldafri menjelaskan, sangat banyak manfaat yang dapat diambil dari kegiatan Pacu Jawi ini, disamping untuk melestarikan budaya juga  meningkatkan harga Sapi Pacu (Jawi) serta meningkatkan pendapatan masyarakat yang berjualan di sekitar lokasi, apalagi sebagai sarana hiburan bagi masyarakat.

Kegiatan Pacu Jawi di Tanah Datar dilaksanakan oleh empat kecamatan yaitu kecamatan Rambatan, Lima Kaum, Sungai Tarab dan Pariangan, kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Sabtu pada tempat-tempat yang telah ada di kecamatan masing-masing.

Pada pelaksanaan kali ini dirangkai dengan agenda daerah Festival Pesona budaya Minangkabau. Pacu Jawi sudah mendunia, banyak fotografer nasional dan internasional yang mengabadikan kegiatan ini dan foto dari fotografer tersebut sudah  ada yang juara dunia, ujar Wabup Zuldafri.

Pacu Jawi merupakan kebanggaan masyarakat Tanah Datar sebagai salah satu pariwisata yang diminati wisatawan, untuk itu kepada Persatuan Pacu Jawi (Porwi) Tanah Datar, Wabup apresiasi panitia telah mengemas kegiatan ini dengan baik namun di samping itu juga harus diutamakan keselamatan pengunjung.

Sehubungan dengan yang di sampaikan panitia masalah irigasi  Wabup akan melakukan tindak lanjut melalui instansi terkait, pungkasnya Wabup Zuldafri.(humas/eri)

hotlinee

ROUTE TOUR DE SINGKARAK 2017


ayo_wisata_ke_tanah_datar